Kamis, 08 Januari 2015

Video Game

      Hal menarik lainnya adalah video game. Kenapa video game? Karena bagi saya video game sudah seperti teman ke-tiga bagi saya di dalam hidup ini. Teman pertama adalah teman bermain di luar rumah, teman ke-dua adalah sepak bola, dan yang ke-tiga adalah video game. Seperti anak lainnya terutama laki – laki, video game adalah hal yang pasti tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupannya sehari – hari. Karena melalui video game lah saya dapat merealisasikan imajinasi saya sewaktu kecil dengan memainkannya. Bisa dibilang saya salah satu orang yang sudah termasuk “gila game” atau biasa disebut dengan gamers.


   Sewaktu SD atau SMP, percaya atau tidak percaya saya bisa menghabiskan waktu dalam bermain video game ini lima sampai enam jam dalam sehari. Sampai – sampai orang tua saya terutama ibu sering memarahi dengan alasan listrik yang mahal dan kesehatan mata yang akan terganggu apabila bermain terlalu lama. Pada awalnya saya berpikir kalau itu hanya alasan yang dibuat – buat untuk saya berhenti bermain dan memulai belajar, tetapi setelah memasuki SMA saya baru sadar kalau apa yang dikatakan oleh ibu saya adalah benar dan tidak dibuat – buat. Oleh karena itu semenjak SMA saya mengurangi waktu bermain video game menjadi dua sampai tiga jam dalam sehari.

     Jenis video game yang sering saya mainkan adalah RPG (Role Playing Game). Jenis game ini adalah salah satu game yang membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan. Game RPG ini merupakan sebuah game dimana para pemain memainkan peran tokoh – tokoh khayalan yang ada di dalamnya dengan latar belakang yang sudah ada untuk menyelesaikan cerita yang harus dicapai sampai akhir atau tamat. Keunggulan game ini adalah kita dapat berimprovisasi di dalamnya, seperti kita yang menentukan apakah cerita di dalam game RPG ini akan berakhir buruk (bad ending) atau berakhir sesuai harapan (true ending) tergantung alur cerita yang kita mainkan di dalamnya sebelum mencapai akhir. Keunggulan lainnya adalah di dalamnya terdapat perbincangan antar tokoh di dalam game di setiap ceritanya, hal itu yang membuat kita sebagai pemain harus mengerti perbincangan apa yang di dalamnya untuk menyelesaikan game tersebut.

Bagi saya banyak sekali hal positif yang didapat dengan bermain video game, contohnya kita dapat belajar dari segi bahasa asing yaitu bahasa inggris. Karena setiap game pasti menggunakan bahasa inggris, jadi mau tidak mau kita harus paham dengan bahasa di dalamnya yang membuat kita terbiasa. Hal negatif akan kita dapat apabila memainkan video game terlalu lama seperti kesehatan mata yang akan terganggu dan terjebak di dalam imajinasi yang dibuat di dalam video game. Kesimpulannya adalah ada waktunya kita untuk bermain dan bersenang - senang, dan ada juga waktunya untuk kita belajar dan bersungguh – sungguh di kehidupan ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar