Senin, 23 Desember 2013

Dampak Game Online

          Apakah itu game online? Game online merupakan game yang dimainkan secara online dengan menggunakan akses internet. Saya akan membahas dampak apa saja bagi pelajar apabila terlalu sering bermain game online. Tugas utama pelajar adalah belajar, apa jadinya apabila tugas utama tersebut dari belajar menjadi bermain game online karena terlalu sering bermain game online dibandingkan dengan belajarnya? Sangat tidak bisa dibayangkan bagaimana kualitas pemimpin Negara kita ini di masa depan.



          Game online ini mayoritas dimainkan oleh anak – anak dari tingkat SD sampai SMA. Apa yang membuat anak – anak ini menjadi kecanduan bermain game online? Menurut saya anak – anak bermain game online karena merasa jenuh belajar di sekolah dan memilih bermain game online. Ditambah lagi dengan bermain game online kita bisa bertemu dengan pemain lain yang tidak kita kenal dan dapat berinteraksi dengannya bahkan bisa berteman dengan ornag tersebut. Selain itu game online tidak hanya satu jenis, melainkan banyak sekali jenis game online yang berbeda genre dari satu dengan satu lainnya. Mungkin kurangnya perhatian orang tua juga menjadi salah satu faktor hal ini terjadi.



          Lalu adakah dampak positif atau negatif dari hal ini? Tentu saja ada, saya akan menjabarkan dampak positif serta negatif apabila terlalu sering bermain game online menurut pendapat saya.

Dampak Positif :

·        Memudahkan belajar berbahasa inggris
·        Melancarkan dalam mengetik dengan keyboard dan menghafalnya
·        Menambah teman baru
·        Melatih konsentrasi

Dampak Negatif :

·        Dalam sikap, akan lebih suka menyendiri
·        Dalam kesehatan, dapat merusak mata
·        Menyebabkan ketagihan
·        Menjadi malas dengan belajar
·        Akan sering membolos sekolah


Itulah dampak yang akan dirasakan apabila terlalu sering bermain game online. Dalam hal ini sebaiknya orang tua lebih mengawasi kegiatan anak sehari – hari dengan melakukan interaksi berupa saling bercerita  satu sama lain. Demikian mengenai dampak game online bagi pelajar.


Komunikasi orang tua dengan anak merupakan salah satu bentuk pengawasan yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar