Senin, 20 Januari 2014

Bagaimana Menyelamatkan Koperasi Indonesia Agar Keberadaannya Tetap Ada?

      Saya akan membahas bagaimana menyelamatkan koperasi di Indonesia di era globalisasi ini yang nyatanya sekarang keberadaannya kurang terlihat peran atau fungsinya di masyarakat. Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan mengingatkan apa itu koperasi terlebih dahulu. Koperasi adalah suatu badan usaha yang didirikan untuk mensejahterakan anggota di dalamnya serta masyarakat sekitar yang berasaskan kekeluargaan.

         Setelah mengetahui apa itu koperasi, lalu mengapa kita harus menyelamatkan koperasi itu sendiri dan bukannya masyarakat yang harus diselamatkan oleh koperasi sesuai fungsi atau tujuan dari koperasi ?  Dari pernyataan atau pertanyaan tersebut dapat disimpulkan bahwa koperasi pada saat ini kurang berperan sesuai fungsinya tersebut sampai – sampai harus diselamatkan keberadaannya. Mengapa harus diselamatkan? Tentu saja meskipun koperasi makin lama makin tidak terdengar sepak terjangnya, masyarakat kecil tetap membutuhkan modal dari koperasi untuk melakukan usaha – usaha kecil untuk bertahan hidup di zaman yang serba susah ini.

       Untuk menyelamatkan keberadaan koperasi ini, ada beberapa usaha yang memungkinkan koperasi tetap ada yaitu :
  1. Melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai koperasi
  2.  Melakukan pembaharuan koperasi menjadi lebih up to date atau modern mengikuti perkembangan zaman
  3. Adanya bantuan dari pemerintah atau support dari pemerintah terhadap kebutuhan suatu koperasi itu sendiri
  4. Koperasi harus tetap berjalan pada fungsi utamanya yaitu mensejahterakan anggotanya serta masyarakat
  5. Memberikan pelatihan kepada anggota di dalam suatu koperasi sehingga anggota tersebut dapat berkontribusi secara maksimal untuk memajukan koperasi
  6. Memperbanyak pembangunan koperasi baik di desa ataupun kota
Sekian usaha – usaha yang menurut saya dapat menyeamatkan keberadaan koperasi di Indonesia. Intinya adalah peran pemerintah dalam mendukung koperasi ini tetap ada merupakan aspek yang sangat penting. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dengan koperasi, memungkinkan koperasi dapat tetap ada bahkan lebih berkembang dari sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar