Minggu, 19 Januari 2014

Cloud Storage

Teman - teman pasti pernah menyimpan suatu data yang berjumlah besar kan ?

Pasti semakin hari , data yang disimpan semakin banyak. Semakin banyak data yang disimpan pasti semakin banyak juga kapasitas memori penyimpanan yang besar . Sehingga kita juga harus mengeluarkan budget yang besar untuk membeli media penyimpanan yang besar , seperti Harddisk , flashdisk dll.

Oleh karena itu , disini saya akan menjelaskan media penyimpanan online , yang disebut cloud storage. Mendengar kata cloud storage , apa nih yang ada dipikiran teman - teman ? Pasti yang pertama di pikirkan teman - teman , cloud storage adalah awan dan cuaca.
Bukan itu ya teman - teman !

Teman - teman pernah mendengar 4shared , megaupload, mediafire, pasti pernah kan? Itulah yang disebut dengan Cloud Storage.

Jadi cloud storage adalah media penyimpanan online yang dapat digunakan sebagai pengganti harddisk , dimana data yang sudah dimasukkan akan tersimpan di server internet.

Dimana kita hanya membutuhkan seperangkat komputer dan koneksi internet untuk melakukan penyimpanan dan pengambilan data di cloud storage



Apa saja manfaat dari Cloud Storage ?

1.  Dapat Back-up Data yang Penting
Jika teman - teman menyimpan data di media penyimpanan elektronik , seperti flashdisk , harddisk , laptop dll. Teman - teman pasti berfikir jika data yang disimpan        di media penyimpanan elektronik itu bisa saja hilang , karea elektronik sangat mudah           rusak . Belum lagi jika harddisk atau elektronik kalian terkena virus yang dapat       menyebabkan kehilangan data . Cloud Storage ini akan membantu teman - teman    yang mau menyimpan data tanpa harus kehilangan data . Jadi teman - teman tidak        perlu khawatir lagi untuk kehilangan data , teman - teman dapat menyimpan bahan -           bahan skripsi , tugas disana denga aman

2. Sharing data
Cloud Storage membuat kita lebih mudah untuk sharing data kepada orang lain. Jika    kita membuka website mediafire, 4shared, putlocker , kita menemukan layanan file sharing . Hebatnya lagi, Cloud Storage mempunyai layanan auto synchronize . Jadi   untuk mengambil data yang tersimpan di Cloud Storage , kita tidak perlu    mendownload lagi.

3. Lebih Praktis
Mengapa saya bilang lebih praktis ? Coba teman - teman perhatikan, bagaimana jika     ada rapat besar , teman - teman harus presentasi dengan file yang tersimpan di            flashdisk . Apa yang teman - teman akan lakukan ? Oleh karena itu , dengan Cloud      Storage hanya menggunakan modal internet dan PC saja kita dapat mengambil data           yang tersimpan.

Gimana teman - teman , ada rencana mau berpindah menyimpan data ke Cloud Storage ? Kalau saya sendiri sih , saya mau bertahan saja di media elektronik . Mengapa ?
Karena cloud storage memiliki banyak kerugian yang lebih fatal dari media elektronik. Mau tahu ?

Yang pertama,
Media penyimpanan, seperti mediafire, sharebeast, putlocker menyediakan kapasitas penyimpanan yang terbatas , kurang lebih 10-20 GB . Sehigga Cloud Storage tidak disarankan untuk menyimpan data dengan ukuran yang besar .Tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanan harddisk yang bisa mnecapai 1 TB - 3TB ( 1024 - 3096 GB ) . Jika kita mau dapat kapasitas yang lebih banyak , kita harus membayar dulu dengan biaya yang ditentukan . Oleh karena itu , saya sendiri lebih memilih membeli penyimpanan elektronik.

Kedua,
Teman - teman pernah melihat tampilan disamping ?      
Beberapa tahun yang lalu , media penyimpanan terbesar “Megaupload” baru saja di banned atau ditutup oleh badan intelijen America (FBI) karena adanya penyebaran data yang ilegal dan merugikan negara .
Itu salah satu kelemahan dari Cloud Storage . Cloud Storage dapat digunakan hacker untuk menyebarkan data rahasia perusahaan kepada masyarakat , sehingga perusahaan akan mengalami kerugian yang besar akibat ulah para hacker ini . Jika ada penyimpanan data secara ilegal , bisa saja akun kita segera di tutup teman - teman

Yang terakhir , yaitu harus memiliki koneksi internet ..

Untuk mengakses atau mengambil data di Cloud Storage , kita setidaknya harus menggunakan koneksi internet . Oleh karena itu , untuk mengaksesnya kita perlu mencari tempat yang terkoneksi jaringan WiFi atau kita harus membayar paket internet.

Gimana teman - teman ? Media penyimpanan mana yang mau dipilih ? Apakah teman - teman memilih Harddisk dkk atau memilih Cloud Storage.

Pastinya sebelum memilih , teman - teman pikirkan dulu ya media mana yang paling menguntungkan bagi teman - teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar