Minggu, 19 Januari 2014

Rubbic's Cube

Apakah teman - teman tahu benda berbentuk kotak ini yang mempunyai 6 warna ini ?
Bener banget teman - teman , namanya Rubik’s Cube




Teman - teman sudah pernah bermain rubik sebelumnya ? Disini saya akan sedikit membahas sedikit apa itu rubik’s cube. 

R
ubik adalah suatu permainan otak yang dapat mengasah kemampuan otak , terdiri dari 6 sisi , dan 6 warna yang berbeda ( Kuning , Putih, Merah, Biru, Orange, Hijau). Permainan Rubik ini diciptakan oleh Erno Rubik yang berasal dari Budapest, Hongaria. Dimana si Erno rubik adalah seorang pematung , arsitektur. Rubik yang dikenal sebagai buatannya yaitu Rubiks Cube , Snake Rubik, Rubik 360o

Tapi , sebenarnya apakah bermain rubik cuma hanya melatih kemampuan otak saja ?

Menurut saya , bermain rubik sangat bermanfaat terutama bagi anak - anak , karena :
  1.  Rubik dapat melatih kecerdasan anak
  2. Melatih kesabaran seseorang untuk menyelesaikan sesuatu, seseorang akan terus  berusaha terus menerus , mencari cara agar rubik itu bisa kembali tersusun rapi 
  3. Melatih otak kanan kita , karena otak kanan kita gunakan untuk banyak berimajinasi.
  4. Pastinya letaih seseorang untuk mengambil tindakan, karena setiap kita salah melakukan geraan , rubik tidak akan selesai tersusun


Tata Cara Permainan Rubic’s Cube

Yang teman - teman tahu , pasti bermain cara permainan rubik adalah menyusun seperti semula dengan waktu yang tercepat ya ?

Untuk info saja , berdasarkan Guiness Book of Record, penyusunan rubik 3 x 3 rubik tercepat saat ini dipecahkan oleh Mats Valk dari Australia dengan waktu 5,55 detik . Cepat banget ya teman - teman !

Tapi teman - teman , ada banyak kok cara permainan rubic itu sendiri , sampai - sampai cara ini diperlombakan juga. Mau tahu ??


     1Blindfolded Solving
 Dengan cara ini , kita menyelesaikan rubik dengan mata tertutup . Jadi sebelum mata kita tertutup , dengan mata terbuka kita mengingat dulu posisi warna yang ada di rubik itu ketika teracak . Kemudian setelah selesai mata kita ditutup kembali. Biasanya juri memegang kertas di bawah hidung atau mata kita , agar tidak terjadi kecurangan dalam  penyelesaiannya.

      2.  Multiple Blindfolded Solving
Permainan ini menggunakan cara mengingat yang ekstrim nih teman - teman . Pada permainan ini , seseorang ditantang untuk mengingat lebih dari 1 rubik , kurang lebih 2 rubik. Dimana dihafalkan dalam waktu yang sama , dan pada waktu tertutup kita harus menyelesaikannya 2 rubik sekaligus .

      3. Team Blindfolded
Permainan yang satu ini hampir mirip dengan blindfolded solving . Namun dengan mata tertutup, dengan bantuan partner kita , partnet kita mengarahkan bagian mana yang harus digeser.

     4. One Handed Solvin
Dari kaata one handed, pasti kita sudah mengetahuinya bahwa permainan rubik ini diselesaikan dengan satu tangan     

Begitu teman - teman kurang lebih mengenai permainan Rubik. Permainan ini dapat dijadikan teman - teman untuk melatih motorik atau kemampuan otak teman - teman untuk berfikir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar