Minggu, 19 Januari 2014

Masa Kejayaan Persepakbolaan Indonesia

Pada akhir tahun 1960’an sampai akhir tahun 1970’an merupakan masa kejayaan persepakbolaan Negara tercinta kita Indonesia. Dimana pada saat tahun - tahun tersebut Indonesia merupakan kiblat persepakbolaan di asia, namun jika kita melihat keadaan persepakbolaan Indonesia kita  sekarang sangatlah jauh menurun dan bertolak belakang dengan masa jayanya tersebut. Seakan tidak ada regenerasi pemain yang mampu membawa Indonesia jaya kembali seperti pada akhir tahun 1960’an dan akhir tahun 1970’an tersebut.

Pada masa itu, Indonesia memiliki ikon pemain yang bernama Iswadi Idris. Iswadi Idris merupakan pemain legendaris dan juga sangat berbakat yang dimiliki Indonesia. Iswadi Idris juga adalah pemain Indonesia pertama yang mampu merumput ke luar negeri bersama salah satu klub sepak bola di Australia. Iswadi Idris dan timnya mampu membawa nama Indonesia ke tingkat Asia. Selain Iswadi, masih ada beberapa pemain yang ikut membawa Indonesia ke masa kejayaannya seperti Sutjipto Suntoro, Jacob Silhasale, dan Abdul Kadir. Mereka tidak hanya membawa nama Indonesia dikenal dan disanjung di Asia namun nama mereka masing – masing juga mempunyai nama yang dikagumi di Asia itu sendiri.

Pada masa itu, Indonesia dan Myanmar adalah Negara yang dihormati di Asia. Bahkan jepang, Korea Selatan belum sebanding dengn Indonesia. Dari fakta yang kita lihat sekarang, persepakbolaan Indonesia semakin berumur semakin menurun di dalam prestasi. Kebanggaan terhadap persepakbolaan Indonesia semakin pudar karena banyaknya masalah yang dihadapi. Dari performa pemain ti nasional kita yang sekarang pun tidak terlalu bersinar dengan dibandingkan dengan Iswadi Idris.



Indonesia yang sekarang seakan – akan kehilangan sayapnya untuk terbang menatap dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar