Minggu, 19 Januari 2014

Keyboard

Apakah teman - teman punya sebuah Personal Computer ? Pasti punya dong. Pasti dalam satu perangkat PC teman - teman, dilengkapi dengan keyboard . Tidak mungkin teman - teman beli komputer tapi tidak dengan keyboardnya .

Keyboard yang ada dunia ini tidak cuma 1 ya teman - teman . Pastinya ada banyak jenis keyboard yang dijual , mulai dari gaming keyboard, QWERTY keyboard dll.

Buat menambah pengetahuan teman - teman , saya akan mengupas sedikit nih .
Apa itu keyboard dan jenis - jenis keyboard itu ada apa saja ?


Apakah Keyboard itu ?? 


K
eyboard adalah papan ketik berisi tombol - tombol yang bertuliskan simbol , angka dan huruf yang digunakan untuk memasukkan input kedalam layar monitor. Setelah kita mengetikkan huruf ‘T’ misalnya . Maka CPU akan memprosesnya , kemudian akan ditampilkan ke layar monitor.

Setiap keyboard memiliki fungsi - fungsi yang berbeda antar satu tombol dengan tombol yang lain. Ada yang untuk menampilkan angka , huruf , simbol dan banyak lagi . Keyboard secara umum, memiliki total tombol berjumlah 104, pada jenis keyboard QWERTY berjumlah 101 . Sedangkan untuk mesin ketik sendiri berjumlah 52.


BAGIAN-BAGIAN KEYBOARD

Secara struktur dibagi 4 :Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

1.        Typing Keys
Typing Keys adalah bagian keyboard yang terdiri dari angka ( 1-9 ) , huruf (A-Z) beserta simbol atau karakter - karakter khusus seperti ( @ # $ % ^ ) .Selain itu tombol - tombol lainnya seperti capslock , space ., shift juga terasuk katagori typing keys.    

     2.    Numeric Keypad
Numeric keypad adalah bagian dari keyboard yang khusus berisi angka dan sangat digunakan untuk melakukan proses perhitungan . Numeric keypad ini berada di sebelah kanan keyboard . Numeric keypad ini dimulai daru tombol numlock dan diakhiri yang paling bawah yaitu enter. Tombolnya berjumlah 17. Numeric keyboard ini memiliki struktur yang sama dan menyerupai kalkulator.

     3.    Function Keys
Function keys ini terletak di bagian paling atas keyboard. Jika ada tombol yang bertuliskan F1- F12 itulah function key. Kenapa dikatakan function key ? Karena tombol itu dapat digunakan untuk melakukan fungsi lain selain memasukkan kata atau kalimat kedalam komputer . Contohnya yaitu F2 , yaitu mempunyai fungsi untuk meredupkan sinar pada layar komputer. F9 untuk mengecilkan volume suara pada komputer.

      4.   Control keys
Tombol ini berfungsi sebagai kontrol atau penggerak pointer pada komputer. Tombol kontrol adalah berupa tombol yang bergambar arah panah . Selain itu tombol kontrol pada keyboard QWERTY dapat berupa page up yang dapat mengembalikkan kursor ke paragraf awal , page down , insert, delete , escape dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar